KISARAN, ASAHAN, KOTA BERSEJARAH TEMPAT SULTAN ACEH, SULTAN ISKANDARMUDA BERISTIRAHAT


Kisaran adalah sebuah kawasan yang terletak di provinsi Sumatra Utara, sekaligus ibu kota dari Kabupaten Asahan. Kisaran meliputi dua kecamatan, yakni Kota Kisaran Barat dan Kota Kisaran Timur. Kisaran selain dilintasi oleh Jalan Raya Lintas Sumatra juga terletak di Jalur KA Trans Sumatera. Kisaran tak lepas dari Kabupaten Asahan.

Nama Asahan sendiri mempunyai sejarah, ketika Sultan Aceh “Sultan Iskandar Muda” melakukan perjalanan ke Johor dan Malaka pada tahun 1612. Dalam perjalanan tersebut, rombongan Sultan Iskandar Muda beristirahat di kawasan sebuah hulu sungai, yang kemudian dinamakan ASAHAN. Perjalanan dilanjutkan ke sebuah “Tanjung” yang merupakan pertemuan antara sungai Asahan dengan sungai Silau, kemudian bertemu dengan Raja Simargolang.

Di tempat itu juga, Sultan Iskandar Muda mendirikan sebuah pelataran sebagai “Balai” untuk tempat menghadap, yang kemudian berkembang menjadi perkampungan. Perkembangan daerah ini cukup pesat sebagai pusat pertemuan perdagangan dari Aceh dan Malaka, sekarang ini dikenal dengan “Tanjung Balai”. Dari hasil perkawinan Sultan Iskandar Muda dengan salah seorang puteri Raja Simargolang lahirlah seorang putera yang bernama Abdul Jalil yang menjadi cikal bakal dari kesultanan Asahan. Abdul Jalil dinobatkan menjadi Sultan Asahan I.

Pemerintahan kesultanan Asahan dimulai tahun 1630 yaitu sejak dilantiknya Sultan Asahan yang I s.d. XI. Selain itu di daerah Asahan, pemerintahan juga dilaksanakan oleh datuk-datuk di Wilayah Batu Bara dan ada kemungkinan kerajaan-kerajaan kecil lainnya.

Berdasarkan keputusan DPRD-GR Tk. II Asahan No. 3/DPR-GR/1963 Tanggal 16 Pebruari 1963 diusulkan ibukota Kabupaten Asahan dipindahkan dari Kotamadya Tanjung Balai ke kota Kisaran dengan alasan supaya Kotamadya Tanjung Balai lebih dapat mengembangkan diri dan juga letak Kota Kisaran lebih strategis untuk wilayah Asahan. Hal ini baru teralisasi pada tanggal 20 Mei 1968 yang diperkuat dengan peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 1980, Lembaran Negara Tahun 1980 Nomor 28, Tambahan Negara Nomor 3166.

#kisaran #asahan #tanjungbalai #kabupatenasahan #sejarah #sejarahasahan #sultanaceh #sultaniskandarmuda #rajasimargolang #sabang #wisatasabang #kilometernolindonesia #kilometernol #sabangexplore #pulauweh #oceanamalika #anaksabang #aceh #wisata #wisatabahari #kotasabang Website ISRAN PANJAITAN: https://isranpanjaitan.id/ Website PANBERS: https://panbers.net/ INSTAGRAM: https://www.instagram.com/isran_panjaitan/ FACEBOOK: https://www.facebook.com/isranpanjaitan2/ Channel Youtube ISRAN PANJAITAN: https://www.youtube.com/channel/UCA5uqZOewG0HXKwXqJotEuA Channel Youtube TARABUNGA PRODUCTIONS: https://www.youtube.com/channel/UCPMWVHK6QTK9HoGJGX4wicw Channel Youtube PANBERS OFFICIAL: https://www.youtube.com/channel/UCosLWaEFeLBTynFno1JrAuA Channel Youtube KEYBOARD PRO: https://www.youtube.com/channel/UCnOFxulaeFcdakU6wkHhvJQ Website ISRAN PANJAITAN: https://isranpanjaitan.id/ Website PANBERS: https://panbers.net/ INSTAGRAM: https://www.instagram.com/isran_panjaitan/ FACEBOOK: https://www.facebook.com/isranpanjaitan2/ Channel Youtube ISRAN PANJAITAN: https://www.youtube.com/channel/UCA5uqZOewG0HXKwXqJotEuA Channel Youtube TARABUNGA PRODUCTIONS: https://www.youtube.com/channel/UCPMWVHK6QTK9HoGJGX4wicw Channel Youtube PANBERS OFFICIAL: https://www.youtube.com/channel/UCosLWaEFeLBTynFno1JrAuA Channel Youtube KEYBOARD PRO: https://www.youtube.com/channel/UCnOFxulaeFcdakU6wkHhvJQ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s