3 Kampus Negeri Terbaik Yang Memiliki Jurusan Game dan Animasi


1. Universitas Negeri Malang (UM)

Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang memiliki Program Studi Game Animasi untuk jenjang D3. Program studi ini sudah berdiri sejak tahun 2008 dan memiliki banyak alumni. Selama menempuh studi, mahasiswa akan dibimbing untuk mendesain interface, karakter, properti, lingkungan, musik, dan animasi pendek. Tidak hanya itu, ada prinsip dasar ilmu seni budaya Indonesia serta pola budaya nusantara dan filsafat yang perlu dikuasai. Nantinya, mahasiswa bisa mengetahui dan menghasilkan game animasi berbasis budaya lokal.

Berada di Program Studi Game animasi tidak hanya mempelajari game saja. Ada materi perkuliahan tentang fotografi, videografi, editing video, dan efek spesial. Semua kemampuan tersebut akan diterapkan ketika membuat game agar semakin bagus. Selain itu, mahasiswa dapat menghasilkan karya pada media terapan, baik dalam bidang 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Program Studi Animasi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dirancang dan diarahkan untuk menjadi profesional pemula di dunia animasi dan media terapan yang dapat berkiprah baik nasional maupun asia tenggara seperti Animator 2D/3D, Desainer Karakter, Pengembang pemula Industri Animasi, Desainer Game/Multimedia, Pengembang pemula Industri Game, Desainer Asset Game. Profil lulusan dari program studi Animasi memiliki kelebihan dalam bidang game animasi 3 dimensi yang bernuansa budaya lokal Indonesia serta lebih mengedepankan karya game animasi yang bermuatan pendidikan dalam konteks global dan menumbuhkan jiwa interpreneurship dalam jiwa tiap lulusan prodi D3 Animasi.

 

2. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Jika tertarik dengan teknologi pada game, kamu bisa menjadikan PENS sebagai tempat untuk meneruskan studi. Kampus PENS menawarkan Program Studi Teknologi Game pada jenjang D4, sehingga kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan setelah lulus.

Dalam Program Studi D4 Teknologi Game, mahasiswa akan dibekali dengan empat kemampuan dasar yang dapat mendukung tumbuh kembang industri game yaitu kemampuan teknis, kemampuan desain, kemampuan social dan komunikasi, dan kemampuan bisnis untuk berwirausaha di bidang industri game. Program studi ini akan membentuk mahasiswa yang berkemampuan teknis meliputi merancang dan membuat game, menguasai pemrograman komputer khususnya yang berhubungan dengan game, kemampuan grafik dan audio. Penguasaan library dan tools dengan konsep yang kuat bisa menghasilkan kemampuan untuk membuat game platform dan game engine yang banyak dibutuhkan untuk memasukkan konten-konten lokal. Prodi Teknologi Game ini bergerak dalam mengembangkan industri kreatif.

 

3. Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia)

Terdapat Program Studi Game Technology dan Program Studi Animasi di Polimedia. Keduanya ditawarkan untuk jenjang D4. Apabila kamu mengambil Program Studi Game Technology, selama menempuh studi, kamu akan diajarkan berbagai macam kemampuan teknis terkait game, desain komponen game, penerjemahan karakter game dan konten lokal pada game yang dibuat. Lulusan Polimedia tidak hanya bisa bekerja di industri game saja, tetapi menjadi seorang wirausahawan di bidang terkait.

Program Studi Animasi di Polimedia berdiri terpisah dengan program studi di bidang game. Mahasiswa akan dibimbing untuk menghasilkan karya animasi melalui tahapan pra produksi hingga pascaproduksi. Tidak hanya animasi dua dimensi saja, tetapi juga animasi tiga dimensi maupun gabungan keduanya. Lulusan program ini dapat berkarier sebagai produser animasi, animator, inbetweener, kompositor video, special effect artis, dan profesi lain yang relevan.

 

 

 

 

 

 

 

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s