Inilah Penampakan Rumah Bersejarah Pahlawan Nasional Tjilik Riwut

12 Jun

Rumah Bersejarah Pahlawan Nasional Tjilik Riwut

oke nih

Video

Kamis, 20 Desember 2018 Panbers (Panbers 5) berangkat menuju Kalimantan Tengah untuk mengisi acara hiburan bagi masyarakat Kalimantan Tengah yang berada di Palangkaraya & Sampit atas prakarsa Bpk Iwan S Putra, seorang tokoh muda Kalimantan Tengah. Show di Kota Palangkaraya diadakan pada hari Jumat 21 Desember 2018 & di Kota Sampit pada hari sabtu 22 Desember 2018. Ditengah2 kesibukan persiapan show, Panbers menyempatkan diri mampir ke sebuah rumah bersejarah di Jalan Jenderal Sudirman No. 1, Palangka Raya. Rumah tsb telah dijadikan sebuah Galery sejarah & Café oleh anak cucunya. Siapakah pemilik rumah tsb?

Beliau adalah Tjilik Riwut, figure yg sangat melegenda bagi warga Kalimantan Tengah, terlebih untuk suku Dayak. Ia seorang nasionalis, yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Pemerintah telah memberikan gelar PAHLAWAN NASIONAL kepada sang pahlawan tsb.

Benda-benda bersejarah miliknya dapat kita jumpai di Rumahnya. Benda2 berupa pakaian dinasnya dulu, tanda jasa dll dapat kita temukan di sini.

Siapakah Tjilik Riwut?

Ia adalah orang Dayak asli dari suku Dayak Ngaju. Ia lahir di Kasongan, Kalimantan Tengah, pada 2 Februari 1918 . Ia memperoleh pendidikan Sekolah Rakyat di Kasongan. Setelah lulus pada thn 1930, ia melanjutkan pendidikannya di Yogyakarta. Ia tercatat sebagai siswa sekolah perawat di Purwakarta pd thn 1933-1936 yg dibantu zending.

Ia adalah pribadi yg komplit. Pernah menjadi Jurnalis, Pemimpin pemuda Dayak, seorang militer Angkatan Udara dgn pangkat terakhir Marsekal Pertama, pernah menjadi wedana di Sampit, pernah menjadi bupati Kotawaringin Timur hingga 1956, diangkat menjadi residen di kantor persiapan pembentukan Kalimantan Tengah yang berkedudukan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pd thn 1957 & akhirnya ia resmi menjadi Gubernur Kalimantan Tengah pada 30 Juni 1958.

Ia sangat dekat dengan bung Karno. Ialah sebenarnya yg pernah mengusulkan pertama sekali kepada bung Karno tentang pemindahan ibu kota Negara ke Palangka Raya (menurut versi Ruslan Abdulgani, Menteri penerangan & Menteri Luar Negeri era Sukarno.

Jika anda ingin lebih dalam mengetahuinya & kebetulan sedang berada di Palangkaraya jangan lupa mampir ke rumah bersejarah milik beliau. Dijamin anda akan merasa kagum & puas berada di sana, sambil menikmati menu makanan yg ada di Café & melihat2 galery yg ada. INDONESIA MY LOVELY COUNTRY.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s