SEJARAH LAGU BUKU ENDE NO. 121 JESUS RAJA NI HURIA

10 Mei

Sebelum kita review sebaiknya kita dengarkan dulu “NOTASI” lagunya (bukan liriknya):

BUKU ENDE NO. 121 JESUS RAJA NI HURIA

 

LAGU KEBANGSAAN AUSTRIA TANPA LIRIK

 

Setelah kita mendengarkan tentu sekilas kita mengatakan tidak ada bedanya. Akan tetapi ada perbeadaan walau hanya 1 not yg kurang di Buku Ende. Perberbedaan hanya pada bagian akhir pada suku kata “ma” (pargogo i ma) pd buku ende. suku kata “ma” hanya 1 nada yaitu do, sedangkan notasi aslinya adalah 2 nada yaitu do & sol masing-masing 1/2 ketuk.

Pencipta lagu ini masih diperdebatkan. Ada yang mengatakan diciptakan oleh Wolfgang Amadeus Mozart, ada yang mengatakan penciptanya adalah Johann Holzer, ada juga yg mengatakan mereka berdua yg  menciptakannya. Akan tetapi Lagu tanpa lirik ini lebih banyak orang mempercayainya ciptaan mereka berdua. Itu sebabnya lagu “Land der Berge, Land am Strome” penciptanya selalu ditulis nama mereka berdua. Tetapi di dalam Buku Ende tertera nama “Samuel Hofer” atau lebih jelasnya tertulis demikian: Lagu: Samuel Hofer, abad 19. Maksud dari nama yg tertulis di Buku Ende sayapun tidak mengerti. Dugaan saya adalah salah tulis atau salah cetak karena Samuel Hofer memang merupakan pencipta lagu-lagu gereja termasuk lagu-lagu di Buku Ende seperti lagu Buku Ende No 204. NDANG TADINGHONONHU HO. Tidak mungkin rasanya lagu sepopuler itu (Land der Berge, Land am Strome) sampai salah menyebut penciptanya. Walaupun penciptanya diperdebatkan tidak mungkin melenceng sampai ke nama Samuel Hofer.

Pada tgl 22 Oktober 1946, lagu “Land der Berge, Land am Strome” secara resmi dinyatakan sebagai lagu kebangsaan Austria, meskipun tanpa lirik. Liriknya ditambahkan pada Februari 1947 oleh seorang penulis wanita bernama “Paula Von Preradovic“. Pada tgl 1 Januari 2012, sebahagian lirik diubah untuk menghindari adanya diskriminasi gender karena lirik sebelumnya hanya menyebut “putra-putra kami” yang lebih merujuk kepada para pria.  Sebelum menggunakan lagu ini, Austria menggunakan Lagu kebangsaan Jerman yaitu: “Deutsclandlied”, sejak tahun 1797.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s