10 PERINGKAT KEYBOARDIS ROCK TERBAIK DI DUNIA

1 Mei

Inilah 10 Pemain Keyboard Rock Terbaik di dunia menurut pendapat saya sendiri dengan penilaian berdasarkan: Skill, Kemampuan meng-Aransement, Harmoni & Soul. Siapa saja mereka? OK..! Kita mulai dari urutan ke 10.

10. JANNE WIRMAN (CHILDREN OF BODOM).
Lahir di kota Espoo, Finlandia pada 26 April 1979. Mulai memainkan piano pada usia lima tahun. Awalnya ia memfokuskan gayanya pada jazz. Mulai beralih ke musik Rock (heavy metal) setelah bergabung dengan group band  Children of Bodom pada tahun 1997. Ia lulus dari Helsinki Pop & Jazz Conservatory pada usia enam belas tahun dan kemudian diundang oleh Jaska Raatikainen untuk bergabung dengan Children of Bodom, karena keyboardis mereka sebelumnya, Jani Pirisjoki, dipecat dari band. Wirman adalah faktor penentu bagi mereka untuk benar-benar memulai karir profesional mereka. Dia tidak hanya membawa bakatnya ke band, tetapi setelah latihan tunggal, dia juga dapat bermain secara sinkron dengan vokalis dan gitaris utama Alexi Laiho.

9. RICHARD WRIGHT (PINK FLOYD).
Lahir di Hatch End, London, Inggris pada 28 Juli 1943. Ia pianis & keyboardis otodidak, personil dari Pink Floyd.  Ia juga sering bertindak sebagai vokalis latar, dan kadang-kadang berperan sebagai vokalis utama di atas panggung Pink Floyd atau di studio seperti pada lagu “Time” dan “Echoes“. Ia termasuk pendiri Pink Floyd pada tahun 1965. Pada masa awal Pink Floyd (1967-1968), Ia menulis & menyanyikan sendiri beberapa lagu Pink Floyd. Sejalan dengan perkembangan musik Pink Floyd, Ia jadi kurang berminat menulis lagu. Ia lebih memusatkan diri pada gaya permainan yang khas dan penulisan komposisi instrumental. Ia jg mengeluarkan album solo yg jg menyebabkan ia mengundurkan dari Pink Floyd. Pada tahun 1994, ia ikut menulis lima buah lagu untuk album The Division Bell, sekaligus sebagai vokalis utama (untuk lagu “Wearing The Inside Out“).

 

8. JOHN PAUL JONES (LED ZEPPELIN).
Lahir di Sidcup, Kent, Inggris pada 3 Januari 1946 dgn nama asli John Richard Baldwin. Ia dikenal sebagai Keyboardis Led Zeppelin. Ia mulai bermain piano pada usia enam tahun & belajar dari ayahnya Joe Baldwin, seorang pianis dan arranger untuk band-band besar di tahun 1940-an dan 1950-an, terutama dengan Ambrose dan Orkestra-nya. Ibunya juga berkecimpung dalam bisnis musik yang memungkinkan keluarga untuk sering tampil bersama keliling Inggris. Ia bergabung dengan band pertamanya, The Deltas, pada usia 15 tahun. Kemudian bermain bass untuk grup jazz-rock London, Jett Blacks, sebuah kolektif yang termasuk gitaris John McLaughlin. Pada tahun 1964, atas rekomendasi Meehan, Ia memulai pekerjaan sesi studio dengan Decca Records. Sejak saat itu hingga 1968, ia bermain di ratusan sesi rekaman. Ia bekerja dengan banyak seniman termasuk Rolling Stones, Herman Hermits, Rod Stewart dan banyak lainnya. Selama waktunya sebagai pemain sesi, Ia mengadopsi nama panggung John Paul Jones. Ia banyak menguasai instrumen musik. Ia juga penulis lagu, komponis, arranger & produser rekaman. Pd thn 1968 Ia bergabung dgn Group Band Led Zeppelin di posisi Bas, Keyboard & Mandolin.

 

7. GEDDY LEE (RUSH).
Lahir di Willowdale, Ontario, Kanada pada 29 Juli 1953 dgn nama asli Geddy Lee Weinrib. Ia adalah musisi serba bisa. Ia jg penulis lagu. Ia adalah keyboardis grup band Rush yg bergabung pada bulan September 1968 & dikenal sebagai vokalis, bassis, dan keyboardist untuk grup bandnya itu.  Ia memiliki gaya vokal tinggi dan selalu menjadi ciri khas dari bandnya RUSH. Ia terkenal karena kemampuannya memainkan berbagai instrumen secara bersamaan. Hal ini tergambar jelas selama pertunjukan live ketika ia harus memainkan bass, vokal, keyboard, dan memicu pedal selama pertunjukan, seperti dalam lagu “Tom Sawyer“. Karena itu, ia diminta untuk tetap berada di satu tempat ketika lagu berisi instrumentasi kompleks.

 

6. JORDAN RUDES (DREAM THEATRE).
Lahir di Great Neck, New York, Amerika Serikat pada 4 November 1956 dengan nama asli Jordan Charles Rudess. Ia adalah keyboardis Band progresif metal Dream Theatre. . Saat usia sembilan tahun, ia memasuki “Juilliard School of Music Pre-College Division” untuk pelatihan piano klasik, tetapi saat akhir remaja dia semakin tertarik pada synthesizer dan musik rock progresif. Ia menentang nasihat orang tua dan tutornya, dan berpaling dari piano klasik untuk mencoba menjadi keyboardis rock progresif solo. Pada saat kelas dua, dia sudah diakui oleh gurunya dalam bermain piano dan segera diberi tutor profesional. Selain menjadi keyboardist tetap di Dream Theater ia jg mengerjakan beberapa album rekaman. Pada tanggal 28 Juli 2011, di sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh MusicRadar, ia terpilih sebagai keyboardist terbaik sepanjang masa. Sementara banyak pemain keyboard dalam rock progresif cenderung membawa banyak keyboard di atas panggung, ia malah membawa sound sampling dari keyboard lain yang dimilikinya dan meletakkannya pada satu keyboard. Dari tahun 1990-an dan seterusnya, ia menggunakan Kurzweil K2600XS selama di panggung, sampai akhirnya beralih ke Korg Oasys workstation pada tahun 2005. Ia masih menggunakan Kurzweil untuk rekaman studio dan beberapa suara yang paling terkenal, seperti “the pig“, salah satu dari signature suara keyboardnya yang sering dimainkan berbarengan dengan gitar atau bass gitar, adalah suara dari K2600xs. Pada tahun 2011 Jordan beralih dariOasys ke Korg Kronos.

 

5. JOHN LORD (DEEP PURPLE).
Lahir di Leicester, Inggris pada 9 Juni 1941 dgn nama asli Jonathan Douglas Lord. Ia dikenal sebagai keyboardis Deep Purple. Bersama Ian Paice ia mendirikan Deep Purple pada 1968, hingga band beraliran rock ini bubar pada 1976. Namun demikian, Ia kembali bergabung ketika para personil Deep Purple menggelar reuni pada 1984, sebelum akhirnya pensiun pada 2002 dan memilih berkarier di jalur solo. Ia belajar piano aliran klasik pada usia dini sebelum tergoda terjun ke aliran rock dan jazz. Sempat memilih karier sebagai aktor, tetapi kemudian mencoba bermain band di pub-pub bersama pemusik Ronnie Wood yang kelak bersinar bersama Rolling Stones, meski tidak berlanjut. Setelah bertemu gitaris Ritchie Blackmore dalam sebuah pagelaran musik, ia mendapat ilham pertama kali untuk mendirikan grup band Deep Purple. Pernah terlibat dalam Royal Philharmonic Orchestra yang melakukan konser di Royal Albert Hall pada 1969, Ia lebih dikenal dan menuai sukses dalam jalur musik rock pada awal 1970-an melalui grup band Deep Purple.

 

4. TONY BANKS (GENESIS).
Lahir di East Hoathly, East Sussex, Inggris. pada 27 Maret 1950 dgn nama sali Anthony George Banks. Ia dikenal sebagai seorang pemain keyboard dan pendiri band progressive rock GENESIS. Ia adalah satu dari dua personel Genesis yang tetap bertahan di band ini dan tidak pernah mengundurkan diri dari Genesis (satu personel lainnya adalah bassis dan gitaris Genesis, Mike Rutherford). Ia juga seorang artis solo yang produktif, merilis enam album solo yang berkisar melalui musik rock, pop, dan klasik yang progresif. Ia adalah pengguna yang produktif dari organ 2Hammond T-10, Mellotron, ARP Pro Soloist dan piano Yamaha CP-70. Ia memulai belajar piano di sekolah pada usia 8 thn dengan istri kepala sekolahnya. Setelah kepergian Gabriel dan Hackett dari Genesis, Ia adalah yang pertama dari tiga anggota grup yang merilis album solo. Tapi tidak seperti Phil Collins dan Gabriel, yang mendapatkan kesuksesan album solo, dan Mike Rutherford, yang memiliki karir sampingan yang sukses dengan  Mike + the Mechanics, karya solonya hanya menerima penjualan menengah.

 

3. RICK WAKEMAN (YES).
Lahir di Perivale, Middlesex, Inggris pada 18 Mei 1949 dengan nama asli Richard Christopher Wakeman. Ia adalah keyboardis band rock progresif “YES”. Ketertarikannya dalam musik dimulai saat ia masih anak-anak, dan dari usia tujuh tahun dia mempelajari piano klasik. Pada usia 14 tahun, dia bergabung dengan sebuah band lokal, Atlantic Blues, pada tahun yang sama dia meninggalkan sekolah untuk mendaftar di Royal College of Music. Dia mulai menatap karirnya sebagai seorang pianis konser, tapi ia keluar dari kampus setelah semua menjadi jelas bahwa dia cenderung bermain dalam klub untuk mempelajari teknik. Selain pemain keyboard ia juga penulis lagu, produser, presenter televisi dan radio. Ia memulai karir solonya pada tahun 1973. Ia menjadi pembawa acara televisi Gastank, dan merekam album musik New-age, ambient, dan Christian pertamanya dengan Country Airs (1986) dan The Gospels (1987). Dari tahun 1988 hingga 1990.

 

2. RAY MANZAREK (THE DOORS).
Lahir di South Side, Chicago, Amerika Serikat pada tgl 12 Pebruari 1939 dgn nama asli Raymond Daniel Manczarek, Jr. Ia adalah keturunan Polandia. Ia seorang musisi & penyanyi sekaligus produser, sutradara film, & jg Komposer. Ia dikenal sebagai pemain keyboardis & juga pendiri grup band Rock THE DOORS (1965-1973). Ia juga ikut mendirikan grup band Rock Nite City (1977-1978), dan group Manzarek-Krieger thn 2001. Permainan keyboard yang menjadi suara khas The Doors berasal dari Vox Continental Combo Organ yang juga dipakai oleh banyak grup Rock Psychedelic pada era itu. Ia kemudian menggunakan Gibson G-101 Kalamazoo Combo Organ (mirip spt Farfisa) karena tuts plastik dari Continental yg sering pecah, menurutnya. Ia sesekali bernyanyi untuk The Doors, termasuk rekaman konser “Close To You” dan lagu side B dari”Love Her Madly”, “You Need Meat (Don’t Go No Further)“. Ia juga bernyanyi untuk dua album terakhir The Doors yang direkam setelah kematian Morrison, Other Voices & Full Circle.

 

1. KEITH EMERSON (THE NICE; EMERSON, LAKE & PALMER).
Lahir di Todmorden, Yorkshire, Inggris pada 2 November 1944 dgn nama asli Keith Noel Emerson, Ayahnya adalah seorang musisi amatir. Ia belajar piano mulai dari usia delapan tahun tdk melalui musik formal. Ia belajar musik klasik barat, yang sebagian besar terinspirasi gayanya sendiri, menggabungkannya dengan musik jazz dan rock. Ia banyak belajar tentang piano jazz dari buku-buku. Ia tertarik pada organ Hammond setelah mendengar organis jazz Jack McDuff membawakan “Rock Candy“, dan Hammond menjadi instrumen pilihannya di akhir 1960-an. Ia dikenal dengan aksi panggungnya yang teatrikal dalam memainkan keyboard yg terinspirasi dari penampilan teatrikal Jimi Hendrix dengan gitar listriknya. Untuk meningkatkan performa aksi panggungnya ia menghancurkan organ Hammond L-100-nya antara lain, memukulnya dengan cambuk, mendorongnya, mengendarainya di atas panggung seperti kuda, memainkannya dengan berbaring di atasnya, dan menusukkan pisau ke keyboardnya. Tindakannya ini justru menghasilkan efek suara musik yg luar biasa. (lihat video berikut)

Pertunjukannya dengan group The Nice nya memiliki pengaruh kuat pada musisi heavy metal. Di luar grup, ia berpartisipasi dalam proyek 1969 dari Music from Free Creek “supersession” yang menampilkan Eric Clapton dan Jeff Beck. Lagu-lagu milik antara lain, instrumental Eddie HarrisFreedom Jazz Dance” yg sangat terkenal itu adalah permainan dari organ nya. Ia pertama kali mendengar Moog ketika pemilik toko rekaman memainkan Switched-On Bach untuknya. Ia berkata, “Ya Tuhan itu luar biasa, apa yang sedang dimainkan?” Pemilik kemudian menunjukkan sampul albumnya. Jadi saya berkata, “Apa itu?” Dan dia berkata, “Itu synthesizer Moog. Kesan pertamaku adalah itu terlihat seperti skiffle elektronik.” Tanpa memiliki salah satu, Emerson meminjam Moog milik Mike Vickers untuk konser Nice yang akan datang di Royal Festival Hall, London, dengan the Royal Philharmonic Orchestra . Ia meninggalkan The Nice dan membentuk Emerson, Lake & Palmer (ELP) dengan bassist Greg Lake dari King Crimson dan drummer Carl Palmer dari Atomic Rooster. Pada tahun 1981, Ia merilis album solo debutnya, Honky. Ia secara luas dianggap sebagai salah satu pemain keyboard papan atas di era rock progresif. Ia adalah keyboardis terhebat, paling berprestasi secara teknis dalam sejarah rock.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s