GORDON TOBING: Suara Impola, Lagu-Lagu Rakyat Nusantara


Gordon Tobing. Lahir di Medan pada tgl 25 Agustus 1925. Ayahnya adalah Romulus Tobing juga dikenal sebagai pemusik dan komposer ternama pada jamannya. Romulus Tobing masih marpariban (isteri bersaudara/ adik kakak) dengan komponis Batak termasyhur S.Dis Sitompul dari isterinya boru Hutabarat. Ia sejak kecil telah digembleng bermain musik dan olah vokal oleh ayahnya. Ia tidak pernah memperoleh pelajaran musik secara formal.  Merantau ke Jakarta pada tahun 1950, Ia sempat berpindah-pindah pekerjaan, di antaranya sempat bekerja sebagai karyawan Perusahaan Film Negara, kemudian pindah ke RRI (Radio Republik Indonesia). Ia banyak mempulerkan lagu-lagu rakyat nusantara terutama lagu Batak ke seantero dunia.

Popularitasnya melejit ketika mendirikan vocal grup Sinondang Batak. Grup vokal ini tak bertahan lama. Setelah bubar Iapun membentuk sebuah Vokal Grup yg baru bernama Impola. Vokal Grup Impola inilah yang membuat ia dan istrinya Theresia Hutabarat menjadi sangat terkenal sejak tahun 1960 an. Bersama VG Impola, dia menjelajah banyak negara. MC terkenal seperti Koes Hendratmo & Hakim Tobing pernah bergabung bersama grup vokalnya Impola. Ia adalah musisi legendaris yang berperan besar mempopulerkan lagu A Sing Sing So dan ratusan lagu Batak lainnya di luar negeri.

Pada 1953 ia berangkat ke Moskow untuk suatu acara hiburan rakyat, disusul kunjungannya ke RRC pada 1961 mendahului kunjungan Presiden Soekarno. Konon Ia membuat Presiden Soekarno terkesima saat mendengar alunan suaranya menyanyikan A Sing Sing So di RRC pada thn 1960. Saat mendarat di bandara, Bung Karno terkesima mendengar ia menyanyikan lagu A Sing Sing So, dan beberapa lagu Batak lainnya. Presiden RI pertama itu heran, bertanya pada ajudannya :”Siapa yang menyanyikan lagu Batak di sini?”. Setelah ajudan mengecek, dan melapor ke presiden, spontan presiden berkomentar “ Luar biasa itu, dengan lagu Batak bisa sampai di sini”. Sejak itulah ia dengan VG Impolanya beberapa kali diundang ke istana untuk mengisi acara hiburan. Hampir semua lagu-lagu rakyat nusantara pernah dibawakannya dari Aceh sampai Papua.

Ia pernah berkata “saya bisa menyanyikan banyak lagu rakyat dari berbagai Negara, hanya lagu Arab yang saya tak bisa”.

Berbagai penghargaan telah diterimanya, baik yang berskala nasional mau pun internasional. Antara lain dari Vietnam, Australia, Kuba, Jerman, Kamboja, dan Cina. Malah Presiden Mesir Gamal Abdul Nasser dan Presiden Fidel Castro dari Kuba pernah memberi hadiah gitar untuknya, setelah melihat kepiawaiannya bermain gitar. Terakhir kaisar Jepang menganugerahkan bintang tanda jasa The Order of The Sacred Treasure dan Golden Silver Rays kepadanya karena ia dianggap turut berperan meningkatkan hubungan persahabatan Indonesia-Jepang. (ISRAN PANJAITAN: dikutip dari berbagai sumber)

Berikut adalah Lagu-Lagu Rakyat Nusantara Yang Dibawakan GORDON TOBING 

 

01. SING SING SO
02. BULAN TULA
03. MEDLEY: CHA CHA MARICHA, NONA MANIS, POTONG BEBEK ANGSA
04. LISOI
05 ANEUK SABOH
06. AYO MAMA
07. O ALE INANG
08. ANAKHONKI
09. MENGKALANKAN
10. BUTET
11. MARIAM TOMONG
12. TAO NA TIO
13. SOLERAM
14. INANG SARGE
15. TERKENANG TANAH AIRKU
16. KAPARINYO
17. MARDALAN AU MARSADA-SADA
18.SIGULEMPONG
19. MALALA ROHANGKI
20 ALA TIPANG

01. SING SING SO

 

02. BULAN TULA

 

03. MEDLEY: CHA CHA MARICHA, NONA MANIS, POTONG BEBEK ANGSA

 

04. LISOI

 

05 ANEUK SABOH

 

06. AYO MAMA

 

07. O ALE INANG

 

08. ANAKHONKI

 

09. MENGKALANKAN

 

10. BUTET

 

11. MARIAM TOMONG

 

12. TAO NA TIO

 

13. SOLERAM

 

14. INANG SARGE

 

15. TERKENANG TANAH AIRKU

 

16. KAPARINYO

 

17. MARDALAN AU MARSADA-SADA

 

18.SIGULEMPONG

 

19. MALALA ROHANGKI

 

20 ALA TIPANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s