Seberapa Tahukah Anda Tentang Marga PANJAITAN


Mendengar kata “PANJAITAN” tentu masyarakat Indonesia pada umumnya tau bahwa Panjaitan itu adalah sebuah Marga yang ada pada suku Batak di Indonesia, akan tetapi tidak sedikit pula yang tidak tau sama sekali bahwa panjaitan adalah sebuah Marga, itu sudah saya buktikan ketika saya berkunjung ke wilayah timur bagian Indonesia, bahkan di pulau jawa sekalipun. Banyak yang mengira bahwa Panjaitan hanya sebuah nama biasa seperti halnya nama Bambang atau Suharto di daerah Jawa, yang banyak kesamaan nama pemakainya tapi tidak ada hubungan darah.

Sedih sekali saya mendengarnya tapi tetap saya menjelaskannya, namun demikian ada 1 hal yang selalu membanggakan saya karena hampir 100 % semuanya mengenal Panjaitan, itu tidak lain karena memang marga Panjaitan itu sangat di kenal di Indonesia karena termasuk marga yang banyak memiliki tokoh sukses di NKRI. Ada yang di TNI,  Polri, birokrasi, pengusaha hingga dunia politik.  Sebut saja Pahlawan Revolusi D.I Panjaitan, Letnan Jenderal (Purn) TNI Sintong Panjaitan, Jendral (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan, Letnan Jendral TNI Hotmangaradja Pandjaitan (putra dari D.I Panjaitan), dari kalangan seniman ada PANBERS (Panjaitan Bersaudara), Christine Panjaitan dan sekarang yg lagi ngetop Astrid Tiar br Panjaitan (pembawa acara DAHSYAT di RCTI), di dunia politik ada Trimedia Panjaitan SH, MH salah satu kader PDI Perjuangan yang sangat handal dan tidak perlu diragukan lagi ke piawaiannya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, sesuai dengan judul di atas untuk berikutnya akan ceritakan asal-usul marga Panjaitan secara singkat saja.

Panjaitan adalah anak dari “TUAN DIBANGARNA” dan cucu dari “SIBAGOT NI POHAN”. Ia anak tertua dari 4 bersaudara, berturut2 adiknya adalah: SILITONGA,  SIAGIAN & SIANIPAR.

Panjaitan mempunyai istri boru Hasibuan, oleh sebab itu Marga Hasibuan di sebut “BONA NI ARI BINSAR” bagi Marga Panjaitan.  Panjaitan mempunyai anak 1  yaitu “RAJA SITUNGO PANJAITAN”.

Sampai di sini clear tentang marga Panjaitan, untuk selanjutnya timbul berbagai macam versi tentang keturunan marga panjaitan terutama mulai anak dari  “RAJA SITUNGO PANJAITAN”.

Ada berbagai macam versi yang muncul misalnya: “Raja Sijorat Paraliman” adalah gelar dari Raja Panjaitan itu sendiri, ada juga yang mengatakan gelar dari Raja Situngo Panjaitan & ada lagi yang mengatakan anak dari Raja Situngo dari istri pertamanya br Hutapea.

TAROMBO (Silsilah).

Atas dasar kebimbangan dan kebingungan para keturunan Panjaitan inilah maka saya coba meluruskan atau menginformasikan Tarombo Panjaitan berdasarkan berbagai versi Tarombo Panjaitan yang dimiliki oleh Marga Panjaitan yang ada & tanpa maksud mendeskriditkan atau memecah belah, karena semuanya saling memegang teguh Tarombonya masing-masing.

Oke…!!! Kita mulai aja ya.

Versi I

Dimulai dengan versi  Tarombo (silsilah) yang saya miliki dan yang tidak umum dimiliki oleh Panjaitan yang lainnya, adalah: PANJAITAN (Toga Panjaitan) mempunyai anak “Raja Situngo Panjaitan” yang mempunyai gelar yaitu: Datuk Nabolon & Raja Sijorat Paraliman. Dan menurut saya masuk logika karena dari Raja Situngo inilah banyak cerita tentang Marga Panjaitan, apakah itu tentang kesaktiannya, kehebatannya, tentang “maaf” keplayboyannya gitu lo  (Peace Oppung), he he he, sangatlah wajar gelar itu melekat pada dirinya.

Raja Situngo mempunyai 2 istri yaitu: boru Hutapea & boru Hasibuan, ini sangat klop & cocok dgn cerita Bapa Uda Tardinus Panjaitan di :

INSPIRASI SUPRANATURAL – KISAH MARGA PANJAITAN

hanya saja di Tarombo saya tidak disebutkan yang mana anak dari boru Hutapea & boru Hasibuan, karena Raja Situngo mempunya 11 orang anak yaitu:

1. PORTIBI RAJA PANJAITAN

2. RAJA DOGOR PANJAITAN

3. RAJA SIPONOT PANJAITAN

4. RAJA SONGGAK PANJAITAN

5. SILUNDU NI PAHU PANJAITAN

6. SILUNDU NI PEGE PANJAITAN

7. SIJANGGUT NI HUTING PANJAITAN

8. SIRAJA BUEA PANJAITAN

9. SIRAJA DAIRI PANJAITAN

10. SIHITE SIMANULANG PANJAITAN

11. SI RAJA BOANG PANJAITAN

Oke, khusus yang Bermarga Panjaitan break sebentar deh alias tarik nafas dulu karena pasti kaget liat bagan di atas. Kok gak sama dengan punyaku, kok gak sama dengan Panjaitan Par-anu dsb, itulah pertanyaan yang muncul.

Lanjut ya..!!

Untuk garis keturunan berikutnya secara umum tidaklah begitu penting karena pembagian Marga Panjaitan justru ada di bagian atas tadi,  namun demikian akan saya urut ke bawah berdasarkan garis keturunan ke saya yaitu Raja Dogor Panjaitan sbb:

Raja Dogor mempunyai 4 orang anak yaitu:

(1). PANGATUR PANJAITAN/ TOBA

(2).  RAJA SIAMPORIK PANJAITAN/ PARSAMBILAN PINTU BATU

(3). GR. SOULANGAN/ HT GINJANG TOBA

(4). PARBAROBA / ARSE ANGKOLA

NB: Khusus Panjaitan yang katanya “PINTU BATU” (termasuk saya) mohon diluruskan karena Panjaitan Pintu Batu itu tidak ada, yang ada adalah Panjaitan Raja Dogor, namun karena keturunan dari Oppung kita Raja Siamporik Panjaitan/ Parsambilan Pintu Batu itu sangatlah banyak maka pada umumnya mereka menyebut dirinya “Panjaitan Pintu Batu” dan itu sudah terlanjur alias nasi sudah jadi bubur. Panjaitan Pintu Batu, bukan berarti dari Pintu Batu karena banyak yang salah kaprah, karena dia asalnya dari Pintu batu maka dia menyebutnya Panjaitan Pintu Batu padahal dia Panjaitan Raja Siponot.  Maksud Pintu Batu di sini harus di mengerti bahwa itu adalh turunan dari Raja Siamporik Panjaitan, getooo..!! he he he Peace semuanya..!!!!

Versi II.

PANJAITAN (Toga Panjaitan) mempunyai anak 1 orang yaitu “Raja Situngo Panjaitan”, Raja Situngo mempunyai 2 orang istri yaitu: istri pertama boru Hutapea mempunyai 1 orang  anak yaitu “Raja Sijorat Paraliman”, istri kedua boru Hasibuan mempunyai 3 orang anak yaitu:

(1). Martibi Raja

(2). Raja Dogor

(3). Raja Sijanggut

Raja Sijorat Paraliman mempunyai 4 orang anak yaitu:

(1). Sanggak Nai Borngin

(2). Raja Siponot

(3). Malapik Batu

(4). Somba Debata

Tambah bingung kan, kok Raja Siponot masuk ke sini? Bukan anak Raja Situngo tapi cucunya.

Versi III.

Hampir sama dengan Versi II, PANJAITAN (Toga Panjaitan) mempunyai anak 1 orang yaitu “Raja Situngo Panjaitan”, Raja Situngo mempunyai 2 orang istri yaitu: istri pertama boru Hutapea mempunyai 1 orang  anak yaitu “Sanggak Nai Borngin”, istri kedua boru Hasibuan mempunyai 4 orang anak yaitu:

(1). Martibi Raja

(2). Raja Dogor

(3). Raja Siponot

(4). Sijanggut Ni Huting

Versi IV.

Versi yang paling baku & umumnya dimiliki Marga Panjaitan & lebih sederhana yaitu sbb:

PANJAITAN (Toga Panjaitan) mempunyai 1 orang anak yaitu “RAJA SITUNGO PANJAITAN”, Raja Situngo mempunyai 4 orang anak yaitu:

(1). Martibi Raja

(2). Raja Dogor

(3). Raja Siponot

(4). Raja Sijanggut Ni Huting

Demikianlah berbagai versi Tarombo Panjaitan yang beredar saat ini & sebenarnya masih ada versi lainnya tapi tidak begitu jauh berbeda dari ketiga versi di atas, perbedaaanya hanya pada anak perempuannya yang bagi masyarakat batak tidaklah begitu penting dalam silsilah, dan istri dari Raja Situngo ada berbagai versi.

Secara umum versi ke 4 adalah versi yang paling dipercaya dan di setujui semua pihak sampai saat ini, tapi bagi saya tetap percaya pada versi pertama yang saya miliki & versi ke 3, di situ disebutkan adanya “Sanggak Nai Borngin” yg pada versi saya disebut “Raja Songgak Panjaitan”, perbedaan kedua yaitu tidak disebutkan anak dari istri yg mana. Saya hanya berpendapat bahwa “TIDAK MUNGKIN ADA ASAP KALAU TIDAK ADA API“.

Jika ada versi lainnya sangatlah ditunggu & tuliskan komentarnya. Bagi yang merasa turunan (Pomparan) “Raja Sanggak Naiborngin” mari merapatkan barisan menuju PANJAITAN yang cuma 1.

Tulisan ini tidak bermaksud untuk memecah belah Persaudaraan di antara kita Marga Panjaitan, justru ingin mempersatukan, masalah kebenaran itu hanya milik Tuhan, karena tidak ada bukti otentik yang ada.

Buat seluruh Marga Panjaitan di manapun berada di seluruh dunia, Hanya satu pesan saya:
“BERSATULAH PANJAITAN, Karena PANJAITAN CUMA SATU”

HIDUP PANJAITAN…!!!

 

  • Penobatan Raksa Harajaon Raja Sijorat X

  • PERNYATAAN PANJAITAN MATIO TENTANG RAJA SIPONOT & SILUNDU NI PAHU 

  • Penyerahan kembali Pedang sakti dari Hutabarat Parbaju Bosi kepada Turunan Raja Sijorat

  • SEJARAH MARGA PANJAITAN

  • SEJARAH MARGA PANJAITAN (Teks Version)

  • Pernyataan & Pengakuan Panjaitan dari Matio Tentang Tarombo Panjaitan – Bagian 1

  • Pernyataan & Pengakuan Panjaitan dari Matio Tentang Tarombo Panjaitan Bagian 2

  • Sebuah Perjalanan Menuju Makam Leluhur Panjaitan PART 6/6, Ziarah ke Tugu Silundu Nipahu Raja Sijorat Paraliman Panjaitan di Matio

  • Sebuah Perjalanan Menuju Makam Leluhur Panjaitan PART 5/6 Perjalanan Menuju Matio

  • Sebuah Perjalanan Menuju Makam Leluhur Panjaitan PART 4 ziarah ke makam Raja SIAMPORIK PANJAITAN

  • Sebuah Perjalanan Menuju Makam Leluhur Panjaitan PART 3 Ziarah ke Tugu Raja Sijorat Paraliman Panjaitan

  • Sebuah Perjalanan Menuju Makam Leluhur Panjaitan PART 2 Ziarah ke Makam Raja Siponot Panjaitan

  • Sebuah Perjalanan Menuju Makam Leluhur Panjaitan PART 1 Perjalanan Menuju Sitorang, Kecamatan Silaen, Kabupaten Tobasa

  • Sejarah Tuandibangarna & Turunannya

  • SEJARAH MARGA PANJAITAN, dan Hubungannya dengan Sisingamangaraja I, Part 1

  • Terungkap…!! SEJARAH MARGA PANJAITAN dan Hubungannya dengan Sisingamangaraja I, PART 1

  • Lestarikan Budaya, Manortor Gondang Liat-Liat, Panjaitan Dohot Boruna Sejabodetabek

  • Pelantikan Ketua Umum Panjaitan Sejabodetabek, Trimedya Panjaitan, SH, MH, Tortor mangaliat

  • SEJARAH RAJA DOGOR PANJAITAN, ANAK DARI RAJA SITUNGO NAIBORNGIN

 

133 tanggapan untuk “Seberapa Tahukah Anda Tentang Marga PANJAITAN”

    1. Kenapa anda bilang Christine Panjaitan gr dan sombong? Christine Panjaitan itu orang yang baik dan tak pernah sombong. Dan dia tidak pernah gr. Jadi anda salah dalam menilai orang.

      Suka

  1. panjaitan katanya kalo di karo jadi karo-karo? tolong dijawab donk.. saya punnya pacar br kaban (karo-karo)

    Suka

    1. Tidak ada Panjaitan di Karo, tapi karo karo itu biasanya masuk si raja oloan, krn di siraja oloan ada marga sinambela & Manullang (Anggi Doli Panjaitan), maka mrk biasanya ikutan manggil abang ke Panjaitan, jadi tdk benar karo2 itu masuk panjaitan

      Suka

      1. Mauliate ma diTuhanta.
        Ala torop do gomparan ni oppung ta Raja Siamporik na mangalap boru ni raja i botu hutapea (boru ni bona ni onan hutapea)
        adong do gomparan na nasahat tu hubbang i ma gomparan ni Guru paung batara guru sian gomparan ni oppung ta runggu ni pohan, adong ma na tinggal dimarpinggal bahal batu gomparan ni pakkoulubalang panjaitan na disianjur dohot sirambe ia panjaitan na disiabal siabal dohot pacur batu silindung gomparan ni oppung badia. Adong do mandok gomparan ni satulu balang anak sinomor 3 ni raja siamporik gomparan na di arseangkola ia pinompar ni pande jalang tinggal di pagaran buntak parsoburan pinompar ni manokkon adong do natumatio laguboti natio, tampahan sahat do debatukaro marga na pohan.

        Panjaitan dari pintu batu nomor 17 sian gomparan ni panalubung paduahon

        Suka

    1. Horas appara, mauliatema tilisanmon, ini menambah pengetahuan tentang sejarah marga kita Panjaitan yg mungkin generasi muda Panjaitan sekarang ini tdk mengetahui tentang Tarombo, sekali lagi mauliate..

      Suka

      1. Maaf.. Regen Panjaitan.. darimana/? apakah dari Tarutung Dua–Muara Mulia- Tanah Jawa?..Eks Laes Trio..kalo benar,, berarti Bapa Tuaku..

        Suka

  2. Kental sekali pemikiran bataknya. 😀

    Apalagi orang Batak sangat senang mencari silsilah (sama seperti orang Israel – karena mereka harus mengetahui turunan yang sah untuk imam) juga sangat senang mencari orang yang dinilai sukses dalam turunan marganya.

    Semoga kita menjadikan mereka sbg sumber motivasi, dan tidak membangga-bangkan secara berlebihan.

    Horas!

    Suka

      1. aq pandjaitan siponot,apara benar klu pandjaitan itu bnyk verSInya,tp berapapun versinya panjaitan tetap bersatu,i love pandjaitan forever.

        Suka

  3. bukan main keterangan…dari appara……shingga aq jd teringat kembali….bhaw aq termasuk pandjaitan Raja Dogor….toba sitorang…makasih appara…….sangat penting buat kita di rantau ini…”

    Suka

  4. gini Bapa Uda,,

    Bapak aku lahir di Kutacane, Aceh Tenggara.. Tpi Oppung aku (bapak nya bapak aku) lahir di Sipahutar, Tarutung (tempat lahirnya Sintong Panjaitan)..

    Gini, menurut cerita bapak, marga Panjaitan sudah sangat banyak beranak cucu di Kutacane, Aceh Tenggara terutama di Desa NARAMOSAN.. hampir 60% penduduk disana marga Panjaitan Raja Siponot..

    Bisa Bapa Uda jelaskan sedikit bagaimana ceritanya marga Panjaitan berimigrasi kesana?, hingga mereke sudah beranak cucu disana..

    atas tanggapan Uda, saya ucapkan terimakasih..

    SALAM PANJAITAN.. HORASSSS.

    Suka

    1. @Danil: Saya bukan ahlinya & saya juga tdk dibesarkan di Tanah Batak & saya juga belon pernah ke tempat asal leluhur kita marga Panjaitan, tapi coba saya jelaskan berdasarkan yg saya tau. Saya mulai dari daerah asal Marga Panjaitan yaitu Onan Raja Balige tempat Berdirinya Tugu Raja Panjaitan, terus berlanjut ke daerah asal Panjaitan lainnya yaitu Matio di Balige, Sitorang di Silaen Porsea, Pintu Batu di Silaen Porsea, Sibide di daerah Habinsaran, Maranti di daerah Habinsaran, adapun daerah migrasinya yaitu: Huta Ginjang Toba, Siabal-abal di Sipahutar (kampungnya PANBERS), Aek Nauli di Sipahutar, Arse Angkola, Tarabunga (tempat asal oppung ku), Lintong Ni Huta, Panetonga, Kasindir Tiga Dolok, Panombean, Kotacane (Aceh Tenggara) dll. Tapi saya sendiri tdk tau bagaimana sampai bisa oppung kita merantau ke sana, tapi yang jelas setelah Oppung kita ada di sana menyusullah saudara2 yg lainnya ke sana sehingga menjadi sebuah komunitas yg sangat byk sampai2 desa yg ada di sana namanya dibuat berdasarkan asal dari Marga Panjaitan yaitu desa Maranti, Matio dan Sitorang, kalo mau lebih tau coba tanyakan ke Bapa Uda TARDINUS PANJAITAN (http://www.facebook.com/group.php?gid=161601278598&v=app_2373072738&ref=ts#!/profile.php?id=100000562843007), pasti kamu kenal krn beliau kelahiran sana & tau ceritanya, oke

      thks atas kunjungannya ke blog ini, HORAS
      Hidup panjaitan

      Suka

      1. Horas bpk uda..
        Oia saya mw bertanya.
        Ap isi Perjanjian panjaitan dengan siagian ..dan knp cuma mereka yg bisa sepengambilan diantara saudara kita yg lain

        Mohon bantuannya bpk uda. ..

        Suka

  5. pa ga da penjelasan dari versi ke 4?
    soalnya dari daftar tarombo yang ada tu berasarkan versi ke 4.
    apa ada tugu raja siamporik?
    kemudian klo ga salah ada yang bilang kalo ada juga tugu raja siamporik di huta ginjang, tapi hanya keturunannya saja.
    pa betul ya?

    terimakasih.
    salam panjaitan…

    Suka

    1. versi ke 4 adalah versi yg umum & buku yg semua marga panjaitan tau & WAJIB tau, makanya gak diperjelas secara mendalam, krn setelah generasi 5 ke bawah tidak ada permasalahan yg mendalam.
      Masalah tugu Raja Siamporik saya kurang tau, mungkin ada yg bisa bantu menjelaskan…????? tapi ada juga cerita kontroversial tentang Raja Siamporik yg kebenarannya sgt diragukan, katanya RAJA SIAMPORIK itu bukan anak raja Raja Dogor, lalu anak siapa ya…??? wah gawat bisa repot, berarti aku juga ikut kena imbasnya, krn aku salah 1 turunannya.
      Enggak lah yau…!!!

      thks dah mampir diblogku..!!
      Hidup panjaitan

      Suka

      1. Ia kuburan ni Raja Siamporik, ima di Pintubatu, Kecamatan Silaen
        Jala jonok hian do tu Bagas ta di san. Sepengetahuanku, dang tarurus kuburan i, jala rata do dohot tano. Terakhir ahu Mulak Desember, 2010 tong dope songoni kondisina. Songoni majo info sian ahu

        horas Tu Bapak Ni George (Isran Panjaitan)

        Suka

      2. thks infonya, he he he…. kok bisa gitu ya kuburannya tak terurus, mungkin turunan raja siamporik spt kita perlu mengadakan pertemuan buat rencana ke depan utk perawatan kuburan oppung kita itu, gmn…??? setujukah…????

        Suka

  6. mungkin saya masih telalu awam untuk comment di situs ini karena umur saya baru 16 tahun, saya dilahirkan dengan darah panjaitan, di besarkan di keluarga panjaitan karena bapak saya panjaitan, saya sangat bangga menjadi orang batak khusus nya menjadi bagian dari keluarga panjaitan, saya orang pontianak(KALBAR), walaupun saya dilahirkan di tanah orang, bukan berarti saya lupa dengan panjaitan, justru ini yang membuat saya semakin penasaran untuk lebih tau sejarah panjaitan dan ini sangat membantu pengtahuan saya,,
    hidup panjaitan, kita semua satu tak ada beda, genggam erat keluarga-keluarga kita, jangan sampai mereka di sakiti, saya paling benci kalau panjaitan disakiti..

    Suka

    1. Setuju adekku, bersatulah Panjaitan krn Panjaitan itu cuma 1, tdk memandang status sosial, sama seperti kamu kalau ada Panjaitan yg disakiti saya sangat benci itu begitu pula sebaliknya jika ada Panjaitan yg menyakiti orang lain.
      Septian, kita sama2 dibesarkan dirantau, tp saya terus mencari informasi ttg marga kita Panjatan sampai akhirnya saya tau, & mulai saat ini carilah informasi ttg cerita marga Panjaitan terutama ttg tarombomu.
      Salam buat keluarga kita di Pontianak.
      HORAS, GBU

      Suka

      1. ok, aduh maaf saya manggil apa ya? saya panjaitan nomor 16, abang nomor brapa? iya saya juga terus mencari informasi, dan saya juga sering sharing dengan ayah saya, abang tinggal dimana? nnti saya sampai kan salam nya..
        HORAS GBU 2..

        Suka

    1. @Nizar: Thks apresiasinya, gak nyangka ternyata keh suka juga membaca ttg sejarah, dgn membaca tulisan di atas ilmu kita jadi nambah, kalo keh cerita ke marga panjatan pasti mereka bingung kok keh malah lebih tau, krn gak byk marga panjaitan yg tau cerita di atas.
      he he he, sekali lagi thks, GBU

      Suka

    2. horas….!hidup “PANDJAITAN”….!sada ma hita songon daean ni aek unang dua songon daean ni tuak.

      Suka

  7. tolong donk bagi yang ngerti silsilah panjaitan dari mulai atas samapai ke bawah di buat dalam bagan jadi mudah di mengerti.makasih

    Suka

    1. nah setuju saya dengan pesan appara leonardo.. agar semua mengerti tolong dipaparkan semua dari opung raja Panjaitan beserta keturunan. mgkin ini agak merepotkan tapi saya harap sekali pesan ni di respon dgn baek.
      ” saya ingin dipaparkan atau maksud saya dijelaskan keturunan2 dari opong Pambarobo ke 5 keturunan dibawahnya karna saya punya tarombo yg dari sana yg ingin sekali saya mencocokkannya. tolong ya bang isran ” BERSATULAH PANJAITAN-PANJAITAN KU”.

      Suka

  8. Horas Katua..mmg sgt sulit mengetahui kebenaran tarombo,hanya CNN(Cerita Ninna tu Ninna).Sy&Bapak Sy jg tdk tau persis.Oppungnya Bapak Berasal dr Pacur Batu Tarutung marboru Ht Pea,trus merantau ke Barus menikah lg dg br Simamora dan dr Br Simamoralah asal muasal kami ada.Pada wkt hidupnya Oppungnya Bapak sering anak2nya bertanya ”PANJAITAN AHA DO HITA” Dan jawabnya”SADA DO HITA PANJAITAN” Indikasinya mkn karena ada Panjaitan ini&itu terjadilah Gap&terkotak2. Ironis mmg bg Kami skr ini diperantauan yg akhirnya hy bisa menebak2 asal muasal tarombo Kami.kalaulah ada dongan tubu yang bisa membantu saya akan sgt berterimakasih biar kami tdk dikatakan Panjaitan nalilu/Dalle.

    Suka

    1. Thks Aparra, sebaiknya kamu harus tau masuk panjaitan mana & nomor brp spt kata pepatah batak mengatakan:
      Jolo tiniktik sanggar laho bahenon huru-huruan,
      Jolo sinukkun marga asa binoto partuturan.

      dari nomor & panjaitan mana kita langsung bisa menyebut dongan tubu kita itu apa.??? spt skr aku gak tau mo manggil kamu apa.

      masalah tarombo, kamu bisa telusuri lagi ke saudara2 kita yg ada di tarutung, tapi kalau dilihat dari sejarah migrasi marga panjaitan yg ada kayaknya kamu masuk Panjaitan raja Siponot.

      Sekali lagi pesanku, usahakan cari tau tarombomu dgn jalan menanyakan ke saudara2 dekat di sekeliling kita, oke
      salam buat keluarga kita semua, thks, GBU

      Suka

      1. Horas tu sasude apparaku.. Aku jd teringat sama oppung aku,, aku panjaitan dari tuan dibagarna oppu napotar,, toga torop,, asal dari sipahutar aek nauli.. Saya nmr 16

        Suka

  9. Sbg tambahan Info Oppungnya Bapak Nama:GERSONG Gelarnya Demang dan diatasnya Oppung Haluppang diatasnya tdk tau urutan keberapa namanya Raja Solaiman..Kl ada dongan tubu yang tau ttg info tarombo kami,kami akan sgt bertermakasih.

    Suka

  10. Terima Kasih itoku Isran Panjaitan, kami semua bangga dengan ito walaupun lahir di daerah Aceh dan besar disana tapi pengetahuan dan kepedulian dengan Panjaitan sangat luar biasa, semoga masih banyak Panjaitan2 yg lain seperti ito,, terima kasih ito saya juga jadi lebih mengetahui lebih luas lagi ttg Panjaitan. tetapi apapun ceritanya bahwa semua PANJAITAN di seluruh Dunia adalah hula hulaku yang saya hormat dan saya banggakan… Maju terus Panjaitan bersatu dan sukses terus..

    Suka

  11. thks itoku, kalau bukan kita sendiri siapa lagi yg akan meneruskan cerita ini, bahkan aku ada rencana membuat buku khusus Tarombo Panjaitan & kumpulan cerita ttg marga Panjaitan dr nara sumber yg berbagai macam, & bahkan sudah byk marga panjaiatan yg mau bantu & respon dgn rencana ini. Doain aja semoga dpt terlaksana.
    Hidup Panjaitan..!!! GBU

    Suka

  12. Mauliate Apara..Katanya sih kami dr poparan Raja Siponot dan no kami antara 16 atau 17,posisi sy skg ada di Jatim jd sgt sulit menelusuri ke tarutung (mangattusi ma apara mandiori ngolu2 on).kalau ada info dr apara khusus siponot akan sgt membantu utk menghubung2kannya dr Op Raja Siponot I dan seterusnya(sepanjang yg apara tau).Alai ima ate namardongan tubui,molo pajumpang iba tu marga Panjaitan sai makkuling do mudari!!!Jala muse masihol situtu do roha naeng mamereng tugu ta di Balige.Gbu

    Suka

    1. BAAGI SIAPA YANG MARGA PANJAITAN SALAM KENAL AJA DEH FROM SURYA PANJAITAN DRAI RAJA
      DOGOR TINDI SI BAGARNA BEGITU SEKALI SALAM PAMBERES YAGH…

      Suka

  13. Horas ma dihita saluhutna,

    Mauliate parjolo dihamu na mamposting mengenai tarombo ta Panjaitan on
    molo au sandiri no 16 do bah:-)

    Saya Punya Nomor Pada Tarombo atau Silsilah


    Saya keturunan dari
    1). Raja Panjaitan
    2). Raja Situngo Naiborngin (Ripena I Br Hutapea sian Laguboti)
    3). Raja Sijorat Paraliman
    4). Sanggak Naiborgin
    5). Paung Batara Guru
    6). Dori Soambaton
    7). Pardaulat
    8). Tuan Diruma
    dst
    16). Maslan Donal

    Saya mempunyai tarombo TOGA PANJAITAN dalam bentuk softcopy
    dari keturunan istri pertama & kedua.

    ym & fb: maslandonal2002@yahoo.com

    Horas Tuhan Memberkati dimanapun kita berada.

    Suka

    1. Horas Maslan, kalau melihat tarombomu berarti kamu masuk Tarombo versi ke II, dan yg tak lazim tp buktinya tarombo itu ada, kita gak tau kebenarannya tp bagi saya yg penting bahwa kita punya tarombo yg diwarisi scr turun temurun oleh orangtua kita ketimbang tdk sama sekali, ingat semboyan kita:
      “BERSATULAH PANJATAN KARENA PANJAITAN CUMA SATU”
      GBU

      Suka

  14. HORAS,,
    Terima kasih atas informasi ini, saya sangat senang dan bangga tentang sejarah dari Panjaitan. saya ingin banyak tahu tentang sejarah panjaitan karena saya memiliki seorang kekasih boru panjaitan dan saya ingin tahu siapa saja kumpulan dari Panjaitan bersaudara (PANBERS)

    Terima kasih.

    Suka

  15. Horas…

    saya keturunan raja si jorat,No.14 abang saya telah menelusuri tarombo atau nomor ke bona ni pasogit. yaitu Toru Nagodang. disana dia menemui salah seorang ompu yang memegang Pusaka Raja panjaitan. dan tarombo panjaitan ada di tulis di rumahnya beserta pusaka opung kita yg dulu. ketika tidur abang saya mlm itu bermimpi kalau dia di datangi oleh kakek yg membawa tombak dan pagi itu di ceritakan kepada sang ompu beserta ciri2 kakek itu. dan tanpa bicara ompu itu masuk ke kamarnya dan memegang tombak di tangan kanannya dan bertanya apakah tombak ini yg ada dalam mimpi mu ? dia menunjukkan tombaknya sama seperti dalam mimpi abang itu, kemudian sang opung menjelaskan. kalau yg memegang tombak itu benar opung kami di atas. kemudian dijelaskannya tarombo kami mulai dari raja panjaitan. dan sejarah kami bisa ke siabal-abal – sipahutar juga di ceritakannya. dari sana abang saya membawa tarombo yg di tulis oleh abang saya dan ditanda tangani oleh ompu itu.semula bapak saya tidak tau nomornya yg dia akui no.16 setelah di cek ke torunagodang ternyata kami adalah generasi ke 14.sekarang datanya sudah saya masukkan kedalam komputer. cuma saya agak bingung kenapa banyak orang yg asal saja buat nomornya. tanpa mengetahui atau mencari jejak ompu kita dulu, misalnya dengan pulang ke bona ni pasogit (biar lebih jelas) karena kalau di tanya sama opung kita yg telah merantau, sejarahnya bisa berbeda dengan informasi yg kita dapat di torunagodang. mrk kadang berbohong krn alasan tertentu.misalnya krn melarikan diri dari bona ni pasogit karena kasus. untuk menutupi siapa dia sebenarnya terpaksa dia merubah sedikit jati dirinya. opung kami kami setelah di cek ke bona ni pasogit, ternyata sejarahnya karena ompu kami menikahi Br.Siagian jadi melarikan diri ke siabal-abal.. he..he…cuma dulu tidak pernah diceritakan mereka, jadi krn mrk mengikuti panjaitan yg ada disekitar si pahutar terpaksa mrk memundurkan no mereka dan tidak mencatat garis keturunan dari atas lagi..he..he..Coba di Cek Pra ke bona ni pasogit.. temui ompu pewaris atau raja yg memegang Pusaka ompung kita dulu. soale uda saya masih tinggal di siabal-abal, ketika aku tanya uda nomor berapa dia bilang no 16, terus aq bilang kalau aku no 14. dia diam saja, saya ketawa dan bertanya jadi uda panggil apa sama aku ? dia marah dan dia bilang kalau itu adalah tarombo di Bona ni pasogit (toru nagodang) sekarang kami beradaptasi dan sudah di pestakan kalau kami no.16 saya ketawa, dan berkata. saya tidak lahir di sini dan bapak saya sudah merantau keduri sejak aku paling bungsu lahir di tarutung dan kami semua lahir di tarutung, memang makam nenek kita di siabal-abal tapi roh mrk tidak akan terima jika kalian merubah generasi mrk. kalau keturunan dari bapak tidak bisa uda robah saya bilang, kalau mau robah no. silahkan saya bilang.he..he…

    Suka

    1. hehehe…. sebuah pengalaman yg luar biasa semoga menjadi pelajaran buat kita generasi Panjaitan, HORAS

      Suka

  16. Horas selemat thn baru abang Isran dan semuanya saudaraku PANJAITAN.saya senang membaca tulisan2 yg menyangkut tarombo PANJAITAN dlm blog ini.hanya saja saya melihat setiap persi tarombo dan persi yg terbaku ada satu hal yg perlu untuk kita analisa selaku kita generasi keturunan batak yg menganut adat budaya DALIHAN NA TOLU sekaligus punya pertalian hubungan kekeluargaan dengan marga yg lain.
    dlm ilustrasi sehari-hari kita PANJAITAN adalah sangat hormat kepada sosok yg posisinya sbg Tulang bagi kita.nah,dlm penulisan tarombo yg ada dlm blok ini seakan-akan kita melupakan Tulang kita karena kita mungkin lupa atau sengaja me-rahasiakan marga dari Tulang kita si pemilik putri yg jadi istri dari oppung sekaligus yg melahirkan PANJAITAN penerus generasi.
    terimakasih dari saya Baringin Panjaitan no 15 dari Matio Balige Tobasa.horas:))))

    Suka

    1. thks kritik & sarannya… sebenarnya sudah kujelaskan di atas masalah Bona Ni Ari Panjaitan.

      “Panjaitan mempunyai istri boru Hasibuan, oleh sebab itu Marga Hasibuan di sebut “BONA NI ARI BINSAR” bagi Marga Panjaitan”.

      Horas..!

      Suka

  17. Saya No.16 dari Raja si Ponot SIAN BORU HASIBUAN , Apakah Raja Siponot sama dengan Raja si Jorat dan Menurut Tarombo yang ada sama saya Raja siponot sama Raja sirorat yang istrinya ada 4 : Boru Sitorus 2.Boru Butar Butar 3.Boru Siagian
    Boru.Hasibuan. Saya sendiri tidak pernah ke Sitorang Hanya Bpk Saya menyebut bahwa Nama Kamp.kami di Sitorang LUMBAN BARINGIN, DARI SITORANG KE SIANJUR KE PAGARSINONDI ( DEKAT TARUTUNG KAMPUNG HUTABARAT ) DARI SANALAH BERSERAK KE SELURUH PENJURUH TANAH AIR DAN SALAH SATU KEMBALI KE SITORANG NAMANYA GURU CRISTIAN ( SUDAH PERNAH GURU DI DEPOK (JABAR ).KAMI BUAT ARISAN DISINI RARI OMP.BULGOK. KALAU ADA PANJAITAN YANG COCOK DENGAN CERITA TERSEBUT TOLONG BERGABUNG DENGAN KAMI DAN MENGHUBUNGI TELP.021-8217903 DAN HP 08128116858 MAULIATE

    Suka

    1. Masalah Raja sijorat paraliman ada berbagai macam versi yang muncul misalnya: “Raja Sijorat Paraliman” adalah gelar dari Raja Panjaitan itu sendiri, ada juga yang mengatakan gelar dari Raja Situngo Panjaitan & ada lagi yang mengatakan anak dari Raja Situngo dari istri pertamanya br Hutapea, ada lagi yg mengatakan amak dr Sanggak Naiborngin, tp ya sudahlah gk usah dipermasalahkan yg penting Panjaitan harus bersatu, btw Pagar Sinondi itu kampung kami (mamak br hutabarat)

      Horas..!

      Suka

      1. Saudaraku Isran ! Panjaitan No Berapa ! Tolong Cerita Tarombomu Soalnya Panjaitan sangat sedikit dari Pagarsinondi dan aku juga mar-br Hutabarat dan Omakku pe Br Hutabarat sian Pagarsinondi Mauliate Horas

        Suka

      1. Benar itu komandan aku juga setuju dengan infomu mengenai istri radja sidjorat dan aku no 16 tubu br Sagian alani do langkam do komandan.

        Suka

  18. @maslan donal @Ryan: saya gaptek, yg coba kirim request ke beberapa email tapi tidak berhasil…. bagaimana saya bisa dapat copy tarombo punya kalian yang hard ato softkah. saya mo update punya saya (yang hard saya akan kirim uangnya dulu).
    Yang punya saya, dibacakan Bapak Uda saya 30tahun lalu secara lisan lalu saya tulis. Saya tau itu tidak 100% benar tapi bagaimanapun jg, itu sudah starting point dan saya akan selalu update. Salam

    Suka

  19. terima kasih buat bg isran yang udah buat saya jadi lebih mengerti sedikit tentang marga panjaitan..
    cuma saya masih enggak ngerti masalah penomoran marga karna kami opung saya berasal dari tanjung balai (dan mungkin karena itulah kami beragama islam)…

    saya bangga menjadi orang batak..
    apalagi Panjaitan buktinya disitus ini banyak yang care tentang panjaitan..
    HORASS!!

    Suka

  20. tapi menurut sya.PANJAITAN itu ank nya cmn raja situngo, nah ank dr rj.situngo ada 4;
    1.martibi raja
    2.raja dogor
    3.raja siponot
    4.sijanggut ni huting
    jdi yg dibilang raja sijorat paraliman itu ank dri rj.siponot dri istrinya br.hutapea.nah rj.sijorat paraliman itu sendiri lahir didalam goa hingga umur 14 thun bersama-sama dngan inang nya.sedangkan goa itu sendiri namanya liang sipege dibukit huta gaol dkat huta simarmar balige.jdi saudara2 sya yg msh blom tau atau penasaran pergi aja kesana biar tau critanya dri penduduk kampung itu sendiri.atau fb(berlinonci@yahoo.com)

    Suka

    1. Amang Ober terimakasih untuk penjelasannya karena sepengetahuan saya juga seperti seperti penjelasan ini dan memang agak susah untuk urusan silsilah ini karena setiap yg bikin tarombo dengan versi dia dari keturunan mana dia makanya agak susah ketemu menjadi satu.

      Suka

  21. Bonar togap: betul itu saudara ,radja sijorat paraliman yg populer dengan sebutan radja habinsaran adalah anak dari oppung radja siponot, benar :mempunyai 4 istri sperti yg anggi uraikan… Dan khususnya Sitorang 1 itu turunan boru hasibuan….. Jd jk benar Anggia dari Lumban baringin saya ingin bertanya siapa nama oppung mu ,krn aq sendiri panjaitan Lumban baringin no 15 dan di besaran di Lumban baringin….

    Suka

  22. Ada yang ketinggalan untuk Marga Panjaitan yang sudah terkenal…
    Yaitu “Isran Panjaitan”
    Terimakasih buat bang Isran Panjaitan atas wall dan blog ini, mudah-mudahan dengan adanya beberapa perbedaan persebsi sehingga kita dapat menemukan satu kesepakatan, yang nantinya dapat di bakukan menjadi suatu tarombo “Panjaitan” yang akurat, terpercaya dan fenomenal….
    Panjaitan dari keturunan raja siapapun kita…yang pasti..
    ” Panjaitan adalah satu”

    Suka

    1. Rudsond Steward : Makasih atas tanggapannya , Aku Mulai dari Raja Sijorat versi Tarombo dari Aku Keturunan br Hasibuan
      ada 2 : 1. Bindu dan 2. Samuana anaknya 4 : 1.Paung Batara Guru 2. Guru Dolok 3. Pangarambang 4. Guru Sobaloson
      Anak Paung Batara Guru 2. 1.Juara Langit dan ke.2.Juara Monang Anak JuaraLangit 2 . 1.Tarbarita dan 2. Omp.Bagot
      Anak Tarbarita versiku 1 Bulgok dari Bulgok ini kami
      Tolong dijelaskan apakah anak Tarbarita ini kebawah ada berapa ? Mauliate

      Suka

    2. Hendrik.Bonaparte.Panjaitan

      horas…..
      saya panjaitan No.15 pomparan MARTIBIRAJA
      saya lahir di jakarta
      dan Kampung saya Di Sitorang 4 ( huta tolutali )
      terimakasih atas info yang diberikan dan sangat membantu
      sahalinai mauliatema tu hamu Opung,Amangtua ,AmangUda,Abang,Apara
      sai Tuhanta ma saluhutna mandongani hita Pomparan PANJAITAN diliat portibion Aminnn….

      Suka

  23. Saya pernah lihat Tarombo marga Tampubolon begitu akuratnya..dgn perkembangan tekhnologi MEDIS saat ini apa mkn di cari Panjaitan apa lewat DNA OPPUNG kita,dimulai dr yg paling atas yg msh di ambil DNAnya…Spt org ISRAEL mrk bisa mencari silsilahnya lewat DNA…..pesan sy:AGAR LEBIH HATI2 MEBERIKAN TANGGAPAN MENGENAI MARGA PANJAITAN!SPY JGN TERJADI PERPECAHAN DIANTARA KITA………

    Suka

  24. semangat truss apara isran panjaitan/masukan2 apara nsangat berharga smoga marga2 Panjaitan dan boru panjaitan[TUAN DIBANGARNA] mbuka blog appara ini biar kita panjaitan/tuan dibangarna saling mengerti tarombo kita .seperti yg di jabarkan appara diatas tentang tarommbo kita sangat membangun/masukan bagi marga panjaitan khususnya saya. mauliate appara, horassss!!

    Suka

  25. PeRmIsii bG..
    aq br BaRus..aPa Bisa ga PaCaRaN Ma MaRGa PaNJaITaN..MasLaHNYa ada Yg BilaNG km Ga Bsa PaCaRaN

    PaDaHaL aKu DaH TeRLaJur saYaNG ma diaa

    MaKsIh bG..

    Suka

    1. Tidak ada larangan boru barus kawin dengan panjaitan, memang marga barus biasanya manggil abang ke panjaitan (bagi yg mengerti), sebutan abang dikarenakan Marga Barus yang masuk dalam sub marga Karo-karo kalau di Toba masuk marga Naibaho, marga naibaho masuk dalam marga SI RAJA OLOAN. Diantara marga si raja oloan ada 2 marga yg termasuk anggi doli panjaitan yaitu Sinambela (raja bona ni onan) & marga simanullang, itu sebabnya marga2 si raja oloan ikut manggil abang ke panjaitan termasuk karo2 (barus). Jadi lanjutkan aja pacarannya biar kita jadi sodara, hehehe….

      Suka

  26. ok..appara sidoli,trima kasih atas penjelasannya masalah tarombo panjaitan,aku erwin panjaitan alamat cinta damai indrapura kab batu bara,sumut,klo kita memang satu mari kita sukseskan renovasi sekaligus pesta bona taon tugu raja panjaitan nanti apara,dah direalisasikan ditempat apara kan,aku panjaitan raja siponot do apara no 15,ok apara,salam panjaitan,horas,

    Suka

  27. diangka tarombo naung adong i dada pola si patingkoson i unang gabe gaor pomparan, jala molo pajumpang angka na mardongan tubu nomor do si sungkunon parjolo ate unang pola sahat sahat tu ise naumpoppar sian ginjang boi mai mangihut muse.

    alai di angka na pajonok dirina tu partondion habatahon i hudok ma …” si Tungo do damang jala damang ma si Tungo ” ahu ma na margoar si Luddu ni pahu angka goar na deba namangihut namai ninna

    Horas ma

    Suka

  28. sangat kami hargai ampara irsan punya pengetahuan mengenai tarombo,pernah kami usulkan ke pengurus parsadaan panjaitan utk melakukan penelitian tarombo batak khususnya marga panjaitan,tpi alasan mereka masalah dana,klu kita mau dibuat saja rencana itu, pasti ada yg akan mendukung,spy ada kepastian yg mendekati kebenaran yg di dukung oleh data yang kongkrit,..,horas selamat bekerja

    Suka

  29. saya mau tanya bang darimana asalnya nya panjaitan bisa jadi marpadan sama simanullang bang??
    maaf saya bertanya seperti ini karena ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang partuturon..
    mauliate

    Suka

  30. Molo hunurut cerita nabinaen ni appara i, panjaitan asalna sia balige jala mangarerak sian balige tu matio, sitorang, pintu batu dll, jala adong manang piga versi tarombo ni panjaitan di baen appara. Alai sian sude versi i paopathon do na diterima jalo secara umum ninna appara. manukkun majolo au, au panjaitan sian matio balige no 15 lahir di matio balige oppung nami tubu sanggap naiborgin molo sian ginjang tubu ni br hutapea. namanukkun majolo au panjaitan dope hami? manang beda do panjaitanta? jala manukkun majolo au torop do nian marga panjaitan alai didia do kuburan ni si tungo naiborgin i?

    Suka

  31. uda, aku panjaitan raja dogor, pintu batu nomor 15…

    ada gag uda tau tntg beasiswa untuk marga panjaitan??
    karna saya sdg kesulitan masalah ke uangan di perkuliahan saya uda…
    makasih da….

    Suka

  32. Viva Panjaitan
    Horas………sattabi sangap muna sasudena………….
    molo boi hupatandahon jolo diringku…
    Goar : Ronald Bonatua Panjaitan (No. 15 Raja Siponot)
    Asal Panjaitan : Sitorang (Raja Siponot)
    Tubu di : Narumonda / Porsea
    Tinggal : di DKI

    Salam kenal ma di hita saluhutna.
    Horas ma di Bapauda Isran Panjaitan (sattabi hugoari ate)

    Sada sungkun-sungkun di au….boasa molo tiap pesta bona taon panjaitan di senayan, selalu ditulis “PANDJAITAN” kan itu ejaan lama.harusnya pake EYD (baca : Ejaan Yang Disempurnakan) ido kan Bapauda………..menurut Bapauda boha do i………
    Molo sala tolong dikoreksi ate…..Mauliate……
    “SADA DO HITA PANJAITAN”

    Suka

    1. Sdr Ronald memang seharusnya penulisannya PANDJAITAN karena tidak perlu mengikuti EYD karena tulisan yg pakai DJ itu sudah sempurna dari dulu.

      Suka

  33. Horas ma di hita saluhut na,di akka bapa tua,bapa uda,uda nang dohot appara q…
    Au namargoar si armando panjaitan siponot no 16(nai paboa ni oppung q)hami sian onan sau toru nagodang parsoburan….(kbetulan saya sudah dari sana,sewaktu sd kelas 6,dan memang di sana semua panjaitan siponot). alai oppung nga di laguboti,dan orang tua udah d porsea.saya lahir dan d besarkan d porsea.
    Saat ini saya d jogja meneruskan skolah,
    yg ingin saya tanyakan,saya pernah bertemu dengan panjaitan siponot jga,dan dia tanya tubu boru apa,saya menjawab tubu boru butar2,lalu dia bilang panjaitan siponot tubu butar2 itu gg ada, dia bilang siponot itu hanya tubu boru hutapea. Dan yg saya jumpain d jogja panjaitan raja siponot sudah banyak dan semua berkomentar sama.
    saya jadi bingung dan belum saya perjelas pada orng tua karena jarak yg jauh.(lwat tlpon menurut saya kurang enak menjelaskan masalah sperti ini)
    saya minta penjelasan dari semua yg lbh mengetahui,khususnya yg rsja siponot,bagai mana versi sebenarnya ,.. agar saya bisa meluruskan.
    Mauliate parjolo.
    Horas

    Suka

  34. kata orang tua ku aku panjaitan ke 17…
    terus asal dari si jorat huta ginjang….
    tapi di atas tidak ada nama si jorat huta ginjang…
    haoraaasssssss

    Suka

  35. Salam kompak PANJAITAN.kalau membaca gambaran Versi I / iv diatas,nomor atau sundut kitaa ini belum lagi satu dalam arti nomor nya tanda tanyak.karena apa : jelas versi I sd berbeda dengan yg IV .versi I Raja sijorat paraliman adalah anak Raja siTungo.sedangkan pada versi IV raja Sijarat paraliman adalah anak dari Raja siponot dengan kata lain nomornya suda lebih maju dua sundut mohon komentarnya .

    Suka

  36. ROY.PANJAITAN: panjaitan adalah marga yang cukup hebat karena marga panjaitan sudah banyak menjadi orang yang berhasil atau orang yang banyak dikenal setiap orang
    HIDUP MARGA PANJAITAN DAN POMPARANNYA DAN SEMOGA PANJAITAN DAPAT LEBIH MAJU LAGI

    Suka

  37. HORAS…
    nama q khairul F PANJAITAN kata alm.ayah q aq no 14,tp aq blom tau silsilah aq dari mana
    ada yg bisa kasi info
    tx,,, 🙂

    Suka

  38. bang mo nanya saya marga sinuraya dan saya punya pacar siagian
    kata orang kami gak bisa pacaran, apa lagi sampe menikah
    jadi q bingung,soalnya kami pacaran sudah memasuki 4 tahun n rencana kami mau menikah
    q minta tolong, siagian tu kalau masuk ke orang karo, jadi boru apa
    makasih

    Suka

  39. saya bangga bermarga panjaitan.. kalau bukan kita keturunannya siapa lagi yg meneruskannya. ( bang tolong donk dikirimkan tarombo dari paparan opung Raja Pambarobo ke bawahnya. karena saya ingin mencocokkan Tarombo peninggalan Opung saya si Tambah Panjaitan. Pliiiiiiissssss Horasss… do appara.

    Suka

  40. Saya boru panjaitan, raja dogor no.17, saya sgt senang sekali dg tarombo yg ito buat. Kampung saya di Desa Aek Nauli I (disanalah kampung asalnya panjaitan), dh seringkali saya pulang kampung, sewaktu masih kecil dan sampe sekarang jg masih saya sempatkan kesana kl pulkam ke kampung suamiku (porsea). Oppungku dimakamkan di aek nauli I. Panggorannya oppungku : Oppung seriosa Panjaitan, Oppungnya bapakku Oppung Panggabean Panjaitan. Kl ito pernah kesana, kl ♏ªǚ masuk ke desa aek nauli I itu pasti melewati tugu oppungkku n oppung bapakku.
    Yg sering membuat ªkυ͡ bingung, knp marga panjaitan skrg ini tidak tau drmn asal muasalnya. Kl ku bilang aek nauli, pasti mereka (marga panjaitan n boru) di perantauan tidak tau apa itu aek nauli.
    Walaupun ªkυ͡ jg anak perantauan (lahir n besar di palembang) tp ortuku tetap membawa kami (anak2nya) ke kampung aek nauli.

    Sedih jg kl ketemu sodara2 kita, diajak martarombo, tp tidak tau n sering x lupa nomor.
    Gmnlah caranya spy kita org perantauan ini mengenal tutur n kampung aek nauli tsb.
    Apakah dikenalkan dri pesta2 bonataon panjaitan? Ato bgmnlah….
    Selaku boru kn hanya bs ksh saran??

    °·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
    Bravo buat Panjaitan

    Suka

  41. Horas dihita saluhutna,,oppung,bapatua,amanguda,abang,adik,apara….
    Satabi ma sian au..SIO TASARI PANJAITAN(raja siponot panjaitan)sian oppung sipatar dr sitorang..Nm 17..sy tinggal di medan kec helvetia kel helvetia timur no 6..
    Sy mendapatkan banyak pengetahuan tentang marga PANJAITAN dr saudara terkasih sekalian,khususnya sm oppung ISRAN PANJAITAN..mauliate godang buat oppung ISRAN PANJAITAN..setiap manusia diberikan TUHAN talenta yg berbeda2,khusus buat oppung ISRAN PANJAITAN TUHAN tlh memberikan oppung ISRAN talenta yg bgtu besar,luas dan kaya akan tentang tarombu marga PANJAITAN..sy berharap agar oppung terus berkarya buat kt penerus marga PANJAITAN kedepannya..salam hormat sy buat saudara tekasih semua..
    Dan izinkan sy utk bergabung di FB SEJUTA PANJAITAN….MAULIATE GODANG….
    HORAS……….HORAS…PANJAITAN…..

    Suka

  42. Horas bapa uda,saya joel panjaitan kelahiran sibolga tpi saya tidak tau asal usul panjaitan darimana saya dan no urut brpa saya jga tidak tau,bapak sudah tidak ada lagi krna duduk dikelas 3 smp pergi meninggalkkan kami slmanya saya tidak perna menanyakan tentang asal usu marga panjaitan,tapi bou slalu bilang saya orng pacur batu,apa itu yg dimaksud tmpat asal usul panjaitan.tolong dibantu bapa uda.

    Suka

  43. Terima kasih,saya jadi mengerti dengan asal muasal marga Panjaitan.
    Jujur saya agak bingung juga,soalnya saya bukan batak 😀
    saya mempelajarinya karena kekasih saya bermarga Panjaitan,jadi saya mencari tahu muasalnya 🙂
    Ternyata Panjaitan hebat
    Bersatu Panjaitan (y)

    Suka

  44. Terima kasih,saya jadi mengerti dengan asal muasal marga Panjaitan.
    Jujur saya agak bingung juga,soalnya saya bukan batak 😀
    saya mempelajarinya karena kekasih saya bermarga Panjaitan,jadi saya mencari tahu muasalnya 🙂
    Ternyata Panjaitan hebat
    Bersatu Panjaitan

    Suka

  45. horas,oppung. Salam kenal untuk semua pomparan raja Panjaitan(umumnya)& pomparan Panjaitan raja Dogor (khususnya)
    “ia au pomparan panjaitan raja dogor no .17

    Suka

  46. Selamat siang Tuhan Memberkati..senang rasanya sy bisa menemukan blog ini,karena sy hanya tau Panjaitan ke 17 dari Raja Dogor.Salam untuk semua Panjaitan..barangkali disini ada yang tinggal di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

    Suka

  47. Horasss
    saya panjaitan raja dogor no 14 dri maranti toru onan dua,
    kalau ada disini panjaitan yg asalnya dr maranti sms 081351072321..sy ada foto terbaru tugu oppung kita dr maranti soalnya sy baru dri bona pasogit seminggu yg lalu.!! mauliate..
    HORAS..Bersatulah PANJAITAN..!!

    Suka

  48. horas abang… otik do na naeng sukkunonhu… adong do bang skema manang na tarsongon diagram na boi di bagihon abang jo.. alana hita panjaitan memang sada do, alai hita nungnga berbagai macam sian oppung ta be.. bisa jadi oppung hu dang ditanda abang kan, tarsongoni ma hita on sude. molo adong do bang skema na hu pangidoi nian, kirim abang ma ate tu emai hu erickwalez@gmail. com
    alai, molo memang soadong do, dang pola boha, ate bang.. dangi tahe..?? toe ma… horas ma tu hita saluhutna pomparan ni oppung ta panjaitan, sai gabe hita na dinajonok manang na dina dao.. si gabe ma hitana di huta manang na di pangarattoan…
    horas tu hita sasudena. mauliate..

    Suka

  49. Saleleng on molo disungkun boru panjaitan aha, bingung do au. Ala molo hu sukkun bapa, alus na “sada do panjaitan” , ale molo didok pomparan nise dok ma siponot. Ale lam hu baca artikel on. Lamu mangantusi ma au

    Suka

  50. Izin share dan terima kasih buat pencerahan nya dari blog ini…
    Saya gk tau manggil apa karna saya hanya anak dari ibu saya yg bermarga panjaitan.. Dan yg pernah saya di beri tau dari inanguda saya klu di tanya panjaitan dari mana ..jawab nya dari “Pintu batu” sekali lagi izin share
    Terima kasih

    Suka

  51. Horas sude angka lae pariban tante dohot tulang, au keturuna panjaitan sian boru hutapea adong do grub na on, na huboto hampir sude marga adong silsila tarombona ia la omak nima dang adong puang seram do mambege, iba pe molo manggalusi sukkun2 ni jolma pe nga mirdong …. Na huboto gabe sinambela dohot manullang do bage anggina alai molo di paradatan gabe siapudan ma on di baen panjaitan on.. Caritana pe na hubege la dang di pamasuk anggina tu silsila tarombo panjaitan …. Sedi do iba mambege songon on ….

    Suka

  52. Horass Pomparan Panjaitan.
    Sada Do Hita sude akka Panjaitan i.
    Sukkun sukkun ku nunga adong di Lubuk Linggau Marga sibuea mangalap Boru Panjaitan , paduahon di Jakarta nunga adong marga Manullang mangalap Boru Panjaitan.
    Adong sebagian mandok dang adong Panjaitan marpadan tu marga Manullang ? Boa do Hita Hira i..
    Di Sumatera Utara pe nunga adong Panjaitan mangalap Boru Sinambela..

    Suka

Tinggalkan komentar