Pertimbangan dalam Memilih Sound System

23 Sep

  • Pilihlah besar daya yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk penggunaan pribadi seperti latihan dll, cukuplah memilih amplifier dengan daya 15-20 watts. Pada kebanyakan amplifier berdaya kecil seperti ini telah tersedia fasilitas jack Head Phone (misal: Amplifier Guitar Laser 20) yang sangat berguna terutama bagi kawula muda yang punya kebiasaan bermain musik hingga tengah malam. Dengan memanfaatkan saluran untuk Head Phone ini, maka dijamin seisi rumah yang lain ataupun tetangga tidak akan terganggu “atraksi” kita.Untuk penggunaan acara pesta, Anda akan memerlukan daya speaker sound system, power sound system, speaker audio systems, atau sound audio yang lebih tinggi lagi yaitu sedikitnya 125 watts atau lebih, karena amplifier ini akan dapat sekaligus kita gunakan sebagai monitor dari instrument musik yang sedang kita mainkan. Acara pesta pernikahan/wedding party, ulang tahun, atau acara gathering memang membutuhkan sound system yang lebih besar.

  • Pilihlah amplifier yang berkualitas baik. Bila kita membutuhkan amplifier untuk keyboard, maka sangat disarankan untuk memilih amplifier yang tidak merubah warna suara asli yang dihasilkan oleh keyboard tsb (flat). Ada banyak amplifier yang menghasilkan suara yang berbeda dari suara aslinya, bila hal ini terjadi maka akan terjadi suara-suara yang lain yang akan mengurangi karakter asli dari bunyi yang sebenarnya dihasilkan keyboard dikarenakan terjadinya penambahan atau pengurangan terhadap frekuensi tertentu. Biasanya hal ini terjadi pada frekuensi yang sangat rendah (low bass) atau frekuensi yang sangat tinggi (high treble). Jadi kita harus jeli memilih sound system sound system atau audio systems yang sesuai.

 

  • Model dan penampilan amplifier dapat menjadi pertimbangan terakhir. Model yang diinginkan akan bergantung pada selera masing-masing. Model sound system yang bagus menurut seseorang, belum tentu bagus juga menurut orang yang lainnya. Pada kebanyakan musisi profesional model akan menjadi pilihan yang terakhir atau tidak terlalu dipentingkan. Mereka akan lebih mementingkan kualitas dan fasilitas dari amplifier dalam memilih speaker sound system, power sound system, speaker audio systems, sound audio, dsb.

 

  • Ada baiknya anda bertanya kepada jasa sewa sound system set/rental sound, karena mereka merupakan orang yang berpengalaman, sehingga anda tidak akan kecewa. Jadi kita bukan hanya mencari sound system set murah, tetapi kualitas harus tetap menjadi pilihan. Semoga bermanfaat !!!

TEKNISI LEGENDARIS INDONESIA, USIA 72 TAHUN, BISTOK PANGGABEAN

SOUND ENGINEER

 

2 Tanggapan ke “Pertimbangan dalam Memilih Sound System”

Trackbacks/Pingbacks

  1. 10 PERINGKAT KEYBOARDIS ROCK TERBAIK DI DUNIA | ISRAN PANJAITAN - 1 Mei 2020

    […] Kent, Inggris pada 3 Januari 1946 dgn nama asli John Richard Baldwin. Ia dikenal sebagai Keyboardis Led Zeppelin. Ia mulai bermain piano pada usia enam tahun & belajar dari ayahnya Joe Baldwin, seorang pianis […]

    Suka

  2. Music Digital Recording | ISRAN PANJAITAN - 11 Mei 2020

    […] Speaker Kami sarankan Anda menggunakan sebuah speaker yang berkarakteristik flat (tanpa eq/amplifier), karena speaker adalah sebuah alat yang berguna bagi kepentingan monitoring hasil rekaman. Baik tidaknya suara rekaman yang dihasilkan juga bergantung kepada pemilihan speaker itu sendiri. Jangan sampai Anda tertipu hanya karena speaker tersebut memiliki kemampuan 5.1 speaker tetapi signal yang dapat dikeluarkan tidak maksimal atau bisa dibilang tidak murni. Karena akan sangat percuma jika Anda sudah memiliki sound card dengan bit depth 16-bit, di mana kapasitas signal yang mampu dikeluarkan adalah mencapai 48 KHz, Music Digital Recording (MDR) adalah sebuah teknik sistem rekaman musik secara digital dengan mempergunakan alat-alat digital, yang akhir-akhir ini telah banyak beredar seiring dengan berkembangnya teknologi komputerisasi itu sendiri. […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s